June 20, 2021

Tips Menghindari Kecelakaan Dijalan

Sebagai pengemudi kita harus selalu waspada dan konsentrasi saat melaju di jalan raya. Karena bagaimana lihainya kita dalam mengemudikan sebuah mobil maut akan selalu mengintai kita. untuk itu selalu menjaga diri dan selalu hati-hati saat melintas di jalan raya wajib kita lakukan.

Kurangnya konsentrasi dan ketenangan mental di jalan seperti mengemudi sambil menelepon hal itu sangat berbahaya, karena konsentrasi kita terpecah menjadi dua antara konsentrasi terhadap jalan dan terhadap hp. Jika saat mengemudi ada telpon masuk, carilah tempat untuk berhenti sejenak.

Yang tidak kalah pentingnya dari konsentrasi dan ketenangan adalah kondisi dari mobil kita. karena kondisi mobil akan sangat berpengaruh terhadap keselamatan kita di jalan. Kondisi mobil yang perlu mendapatkan perhatian adalah kondisi mesin dan kondisi perlengkapan keselamatan.

Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu dalam kondisi fit kita harus selalu melakukan tune up mobil secara teratur. Tune up mobil meliputi pemeriksaan oli pelumasan, pembersihan filter saringan udara, dan juga pembersihan saluran bahan bakar.

Kita bisa membawa mobil kita ke bengkel mobil untuk melakukan tune up mobil kita. pilihlah bengkel mobil resmi sehingga layanan dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan, kalaupun bengkel mobil umum pilihlah bengkel yang kompeten.

Untuk urusan perlengkapan keselamatan kondisi rem mobil perlu mendapatkan perhatian khusus, cek kondisi kampas rem secara berkala, jika keausan sudah melewati batas pakai segera ganti dengan yang baru. Karena keselamatan kita di jalan tergantung dari kondisi rem mobil yang terawat dengan baik.

Selain rem mobil perlengkapan keselamatan lain yang perlu diperhatikan juga adalah lampu sein dan lampu rem. Pantau kondisi lampu tersebut sehingga kita akan selalu merasa nyaman saat akan berbelok atau berhenti. Jangan sampai membut pengendara dibelakang kita bingung karena lampu-lampu keselamatan kita kurang bekerja secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *