September 28, 2022

Pengertian Dari Holding Company

Di para kalangan pebisnis tentunya istilah holding company bukan merupakan sesuatu yang asing lagi didengar. Tapi nyatanya hingga saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang kurang memahami mengenai apa itu holding company serta apa saja peran pentingnya di dalam ekonomi. Sebagai seorang pelaku bisnis maka Anda perlu untuk mengetahui lebih jauh seputar holding company tersebut. Untuk lebih mengetahui lagi tentang holding company maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Apa Pengertian Dari Holding Company?

 

Holding company adalah sebuah perusahaan induk yang disini tidak mempunyai operasi kerja bisnis ataupun kegiatan aktif sendiri. Sebaliknya holding company mempunyai aset-aset tersebut bisa berupa saham di perseroan terbatas, perusahaan lain, kemitraan terbatas, dana lindung nilai, dana ekuitas swasta, saham yang diperdagangkan secara realistis, aplikasi, hak cipta lagu, paten nama merek merek dagang atau apapun yang berharga.

Sebagai contoh salah satu saham blue chip seperti Johnson and Johnson benar-benar sebuah perusahaan induk. Tujuan dibentuknya holding company ini adalah untuk bisa memaksimalkan kinerja dari sebuah perusahaan induk sendiri dengan cara melakukan koordinasi perencanaan, pengembangan bahkan hingga pengendalian dari perusahaan anak yang mana di sini tergabung menjadi satu group sebuah perusahaan.

Seperti yang telah Anda ketahui bersama, hal yang menjadikan perusahaan induk adalah bahwa tidak mempunyai peran harian di dalam investasi apapun. Kegiatan tersebut masing-masing akan dijalankan oleh tim manajemennya sendiri. Dengan kata lain, sebagai perusahaan induk tugasnya disini yaitu untuk melakukan proses pengawasan, menetapkan parameter merah, mendukung manajemen risiko serta menempatkan orang yang benar-benar tepat di tempat yang tepat agar nantinya sesuai dengan strategi holding company.

Ketika anak perusahaan telah membayar deviden, perusahaan induk akan melakukan investasi dana tersebut di kesempatan lain. Hal itu berarti bahwasannya di sini akan memperoleh pendanaan dari bisnis yang tumbuh secara lambat dan melakukan investasi dalam ekspansi anak perusahaan dalam naungan satu grup perusahaan dengan lebih menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *