December 8, 2022

Narkoba adalah Obat Terlarang, Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diwaspadai

Dampak dan bahaya narkoba adalah hal penting yang perlu dihindari, terlebih bagi generasi muda. Ada berbagai jenis obat-obatan yang dikategorikan sebagai narkoba.

Beberapa jenis obat-obatan tersebut dipakai untuk proses penyembuhan karena efeknya menenangkan. Namun, jika dosis pemakaian melebihi seharusnya, maka dapat membuat kecanduan.

Pengertian Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan)

Narkoba adalah zat atau obat baik sifatnya sintetis, alamiah, maupun semi sintetis yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, daya rangsang, serta halusinasi.

Narkoba disalahgunakan oleh banyak orang. Tak hanya kecanduan, penyalahgunaan narkoba juga bisa menimbulkan berbagai efek negatif berbahaya bagi tubuh. 

Bahkan untuk beberapa jenis bisa membuat denyut nadi melambat, tekanan darah menurun, gelisah, pingsan, sulit dalam mengingat, hingga bisa menyebabkan paranoid.

Sementara pengertian menurut UU Narkoba pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan berasal dari tanaman. Efeknya berupa menurunnya kesadaran, halusinasi, dan kecanduan.

Obat-obatan ini bisa menimbulkan kecanduan dalam pemakaian dosis lebih. Dalam medis, digunakan untuk pereda nyeri dan penenang. Penyalahgunaan atas obat-obatan ini bisa terjerat sanksi hukum.

Jenis-jenis Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan)

Kandungan narkoba memang dapat berdampak buruk pada kesehatan jika disalahgunakan. Menurut UU Narkotika, ada 3 golongan berdasarkan risiko ketergantungannya.

Narkotika Golongan 1

Narkotika pada golongan 1 terdiri dari opium, ganja, dan tanaman koka yang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi. Bahkan bisa membuat kecanduan.

Narkotika Golongan 2

Narkotika golongan 2 ini sama saja menyebabkan ketergantungan. Golongan ini memiliki 85 jenis, beberapa diantaranya seperti Alfaprodina, morfin, dan sebagainya. 

Golongan 2 ini masih dapat dimanfaatkan untuk pengobatan terbatas asalkan dengan resep dokter.

Narkotika Golongan 3

Sementara golongan 3 ini punya risiko ketergantungan yang ringan karena banyak dimanfaatkan sebagai terapi dan pengobatan.

Ada beberapa jenis narkoba yang dapat diperoleh secara alami, tapi ada juga yang proses pembuatan menggunakan proses kimia. Meski begitu, penyalahgunaan golongan 3 tetap berbahaya.

Jika sudah terlanjur kecanduan dan sulit berhenti, ingatlah tidak ada kata terlambat berobat. Bantuan dokter dan menjalani rehabilitasi narkoba bisa jadi solusi tepat. 

Narkoba adalah hal yang berbahaya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa disembuhkan dengan cara yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *