July 31, 2021

Mengenal Obligasi Ritel Indonesia, Cara Aman Berinvestasi!

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan pemerintah atau korporasi, biasanya dibuat memiliki jangka waktu, nilai nominal serta tingkat imbal hasil. Dengan memiliki surat utang ini, nantinya investor dapat menerima imbal hasil dari potensi capital gain ketika harga obligasi naik. Itulah mengapa obligasi termasuk dalam instrumen investasi.

Untuk obligasi yang dikeluarkan pemerintah adalah obligasi ritel Indonesia (ORI)  yang secara resmi sejak 2006 dikeluarkan untuk masyarakat umum. Karena diterbitkan pemerintah dari segi keamanan lebih terjamin. Sementara tujuan pemerintah menerbitkan surat berharga ini adalah sebagai sumber pendanaan alternatif bagi beragam kebutuhan program pemerintah.

Kamu juga harus tahu keuntungan yang bisa didapat dari memiliki obligasi pemerintah, sebagai berikut:

  • Keamanan Lebih Terjamin

Sebagai instrumen surat berharga yang dikeluarkan pemerintah, tentu pembayarannya dijamin negara. Bisa dibilang risiko gagal bayar untuk instrumen jenis ini sangat kecil jadi kamu dapat merasa lebih aman.

  • Imbal Hasil Lebih Tinggi

Dari segi keuntungan finansial, nilai imbal hasil yang ditawarkan obligasi ini juga lebih tinggi. Dibandingkan investasi dalam bentuk deposito misalnya tentu lebih menguntungkan obligasi. Terlebih nilai penawaran yang naik tiap serinya.

  • Tingkat Bunga atau Kupon Tetap

Nilai modal pembelian obligasi yang kamu keluarkan akan tetap terjaga atau tidak akan turun, sebab obligasi pemerintah ini menawarkan tingkat bunga yang tetap. Artinya kamu tidak akan mengalami kerugian karena turunnya nilai modal.

  • Biaya Pajak Rendah

Sebagai instrumen investasi yang dikeluarkan pemerintah, obligasi ritel Indonesia memiliki keuntungan tersendiri terkait pajak. Jika pada investasi lain bisa dikenai pajak hingga 20% seperti pada investasi deposito, pajak pada obligasi pemerintah hanya sebesar 15%. Tentu hal ini dapat menambah keuntungan yang kamu dapat.

  • Dapat Diperdagangkan

Seperti halnya surat berharga, obligasi dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Hal ini memungkinkan kamu mendapat keuntungan lebih dengan potensi capital gain. Jadi kamu bisa mendapatkan kembali dana tidak perlu menunggu waktu jatuh tempo.

  • Berpartisipasi Pada Pembangunan Nasional

Dengan menggunakan instrumen investasi obligasi, kamu tidak sekedar berinvestasi untuk memperoleh keuntungan. Kamu juga  turut serta berkontribusi pada negara yakni dalam mendukung pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang baik tentu hal ini membanggakan.

Meski terbilang sebagai instrumen investasi minim risiko, tetap saja ada risiko obligasi pemerintah yang perlu kamu ketahui. Paling tidak kamu dapat mengantisipasinya, di antaranya:

  • Risiko Likuiditas

Risiko ini berupa kesulitan obligasi dijual di pasar sekunder. Risiko ini terbilang sangat kecil akan menimpa obligasi pemerintah pihak yang bertindak sebagai market maker merupakan pembeli siaga.

  • Risiko Maturitas

Maturitas terkait  masa jatuh tempo obligasi. Tingkat risiko obligasi semakin tinggi ketika masa jatuh tempo semakin lama.

  • Risiko Suku Bunga

Berbeda dengan jenis investasi lain, harga obligasi berbanding terbalik dengan suku bunga. Karenanya jika suku BI Rate turun  harga obligasi akan naik dan sebaliknya.

Dapatkan Obligasi Ritel Indonesia di digibank by DBS

Kini pembelian surat berharga atau obligasi semakin mudah bahkan tidak perlu keluar rumah juga bisa dilakukan. Terutama jika kamu nasabah digibank by DBS, yang bisa melakukan berbagai transaksi lewat satu aplikasi yakni Aplikasi digibank by DBS.

Selain mudah ada beragam keuntungan dengan membeli obligasi di digibank by DBS, penasaran? Berikut berbagai keuntungan tersebut:

  • Nikmati layanan 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS, jadi tidak perlu repot datang ke kantor cabang
  • Pendapatan tetap dari pembayaran Kupon/ Imbal hasil setiap bulannya pada tanggal yang sama, jadi lebih menguntungkan
  • Jumlah investasi terjangkau mulai dari Rp 1 juta sudah bisa mendapatkan passive income
  • Tergolong investasi rendah risiko dengan keuntungan lebih tinggi dari Deposito

Dapatkan obligasi ritel Indonesia lewat Aplikasi digibank by DBS untuk mendapat beragam keuntungan. Namun sebelumnya pastikan kamu telah memiliki tabungan digibank by DBS dan telah menginstal aplikasi digibank pada smartphone. Jika sudah ikuti tiap langkahnya berikut ini.:

  • Pertama login ke Aplikasi digibank by DBS kamu,
  • Cari pilihan “Obligasi” dan klik, lalu cek ketersediaan produk.
  • Jika produk yang diinginkan tersedia, selanjutnya kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan seputar pengetahuan profil risiko dan membuat nomor SID. Kamu bisa keluar aplikasi terlebih
  • Jika nomor SID sudah dibuat, kamu akan menerima notifikasi pada email yang terdaftar.
  • Setelah registrasi SID berhasil, masuk lagi ke aplikasi digibank untuk melihat pilihan produk yang tersedia di bagian bawah menu “Obligasi” maka proses pendaftaran sudah selesai.

Mudah bukan? Dengan layanan online menggunakan Aplikasi digibank by DBS kamu bahkan dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja 24 jam. Keuntungan lain, kamu tidak dikenai biaya pembelian SBN alias gratis untuk pembelian dari Aplikasi digibank by DBS.

Untuk kamu yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, segera lakukan pembukaan Tabungan digibank serta proses registrasi di aplikasi ini. Caranya cukup mudah dan pastinya akan banyak keuntungan dan kemudahan menantimu.

 

Sumber: https://koinworks.com/blog/obligasi-ritel-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *