September 27, 2021

Mengenal IPO Dan Mekanismenya

Untuk Anda yang sudah terbiasa bermain saham tentu tidak asing dengan Ipo. Namun, untuk masyarakat awam tentunya tidak semua mengetahui istilah ini. Akan dibahas lebih lanjut apa itu Ipo dan bagaimana mekanismenya.

 

Pengertian Ipo adalah

Pengertian Ipo adalah merujuk pada perusahaan yang baru pertama kali masuk di bursa saham. Saham-saham perusahaan ini berbentuk privat, namun berubah menjadi Go Public dan bisa dibeli oleh masyarakat umum.

 

Tidak semua perusahaan bisa melakukan Ipo di bursa saham. Ada syarat ketat yang diberlakukan. Salah satunya, perusahaan yang akan melakukan IPO harus memiliki potensi bagus ke depannya.

 

Bursa Efek Indonesia akan mengumumkan jadwal perusahaan yang akan melakukan IPO melalui website resmi. Jika ingin membeli saham, perusahaan bekerja sama dengan beberapa sekuritas. Anda bisa membelinya lewat perusahaan sekuritas tersebut.

Syarat Ipo

Sudah sempat disinggung sedikit untuk syarat perusahaan yang akan melakukan sekuritas. Untuk lebih jelasnya, ada beberapa syarat yang diajukan agar perusahaan dapat melakukan Ipo.

Memiliki Aset Minimal

Syarat utama dari perusahaan yang akan melakukan Ipo adalah memiliki aset mencapai 100 miliar rupiah. Jumlah tersebut sudah dikurangi beban pajak.

Struktur Organisasi

CEO, jajaran direksi, dan lainnya sebagai struktur organisasi harus jelas. Para pemimpin perusahan dikenal mempunyai kemampuan yang mumpuni.

Meraih Laba

Perolehan laba akan dinilai dari laporan keuangan untuk beberapa tahun. Perusahaan yang akan mengikuti Ipo harus menyiapkan laporan ini.

 

Mekanisme Pengertian Ipo adalah

Untuk bisa menggelar Ipo, perusahaan harus melakukan hal-hal berikut:

Bekerjasama

Perusahaan bekerjasama dengan penjamin emisi efek yang membantu perusahaan calon Ipo untuk Go Public.

Mendatangi BEI dan OJK

Laporan keuangan dan dokumen perusahaan lain harus disiapkan. Selanjutnya BEI akan mempelajari dokumen tersebut.

Sesuai Jadwal

Jika sudah memenuhi syarat, selanjutnya perusahaan bersiap melakukan Ipo sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Investor bisa membeli saham yang ditawarkan atau sebelumnya dengan proses subscribe.

 

Setelah memahami pengertian Ipo, Anda bisa mencoba membeli saham di bursa efek dengan pengetahuan yang sudah dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *