October 26, 2021

Begini Cara Memesan Jasa Desain Rumah

Jika Anda ingin memiliki rumah yang indah dengan desain unik, maka Anda bisa memakai jasa desainer rumah. Para penyedia jasa desain rumah ini akan membantu menuangkan ide dan keinginan Anda ke dalam rancangan yang ciamik. 

Kontraktor desain rumah tidak bekerja asal-asalan. Ada progres yang harus diikuti hingga akhirnya desain rumah selesai sesuai keinginan Anda. Jasa yang ditawarkan juga beragam untuk setiap penyedia jasa. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan cara memesan desain rumah. Sekaligus jenis-jenis jasa yang disediakan desainer.

Jenis-jenis Jasa Desain Rumah

Setiap kontraktor jasa desain rumah memiliki jenis jasa yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya ada tiga jenis jasa desain yang dikerjakan oleh desainer. Yaitu:

Desain Konsep Dasar

Desain konsep dasar adalah desain tampak depan rumah dan gambar denah. Denah ini tentu masih membutuhkan penyempurnaan ketika akan dibangun. Namun pada dasarnya sudah bisa digunakan. 

Desain Konsep Keseluruhan Bangunan

Desain ini akan menunjukkan konsep bangunan dari luar hingga dalam, sekaligus spesifikasi teknisnya. Anda sudah bisa menggunakan desain ini sebagai acuan saat membangun rumah. Tukang Anda sudah bisa memprediksi biaya yang akan dikeluarkan.

Desain Konsep Bangunan Dan Interior Ruangan

Desain ini adalah yang paling lengkap. Anda sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan detail tiap ruangan. Baik warna cat, dekorasi, perabotan, dll. 

Progres Penyelesaian Pekerjaan Desain Rumah 

  • Sebelum para desainer bekerja, Anda harus memberikan data terlebih dahulu. Berupa:
  • luas tanah.
  • luas bangunan yang diinginkan (termasuk jumlah lantai).
  • jenis-jenis ruangan yang diinginkan.
  • tema konsep rumah (konsep minimalis, Skandinavia style, gaya tropis, dll).
  • Setelah itu desainer akan memberikan gambaran harga.
  • Setelah deal, akan dilakukan survey lokasi.
  • Anda membayar sejumlah DP untuk tahap pertama pengerjaan. Setelah DP dibayarkan desainer akan mengerjakan denah bangunan. Anda boleh mengajukan revisi untuk tahap ini yang jumlahnya berbeda di tiap kontraktor desain.
  • Pada tahap kedua, desainer akan membuatkan desain 3D. Anda diminta membayar DP tahap kedua dengan besaran yang bervariasi di tiap kontraktor.
  • Pada tahap ketiga, setelah Anda melunasi pembayaran, keseluruhan desain akan diselesaikan. Termasuk detail struktur, arsitektur, RAB, instalasi listrik dan air, dll. Dengan demikian kewajiban desainer telah selesai.

Jenis Bangunan Yang Bisa Didesain

Tiap penyedia jasa desain rumah memiliki spesialisasi yang berbeda. Namun pada umumnya mereka bisa mendesain bangunan apa saja. Termasuk ruko, kantor, apartemen, villa, kios, dll.

Demikian cara memesan jasa desain rumah serta tahap pengerjaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *