June 20, 2021

Apa Yang Harus Anda Ketahui Ketika Membeli Mobil Second-Hand?

Membeli mobil second hand atau tangan kedua memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran dibandingkan dengan membeli mobil baru. Untuk itu jika kita ingin membeli mobil second hand ada beberapa hal yang ahrus kita ketahui mengenai kondisi mobil tangan kedua tersebut.

Apa saja yang harus kita ketahui sebelum membeli mobil second hand merupakan sesuatu yang menentukan kualitas mobil yang nantinya kita beli. Jangan sampai setelah kita beli mobil bekas dipakai orang lain kita menanggung kerusakan – kerusakannya karena kekurang telitian kita dalam menganalisa kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil tersebut.

Jika kita membeli mobil dari perorangan, kita harus tahu terlebih dahulu orang tersebut jual mobil karena alasan apa?. Karena banyak orang yang menjual mobil mereka setelah mengalami kecelakaan dan ingin ganti dengan yang baru. Jika alasan orang menjual mobil karena habis kecelakaan lebih baik kita mencari mobil bekas yang lain, karena rata – rata mobil bekas habis kecelakaan kondisi rangka maupun chasisnya sudah berubah.

Selain dari alasan pemiliknya menjual mobil, kita juga harus mengecek secara teliti mengenai surat kendaraan. Sekarang banyak sekali mobil dengan surat yang tidak komplit, entah itu STNK nya atau juga BPKB. Tanyakan mengenai kedua surat ini apakah ada dan lengkap, karena saat ini cukup banyak mobil bekas yang dijual menggunakan surat palsu, dalam artian jika kita cocokan dengan nomor plat, nomor rangka maupun nomor mesin sama tapi merupakan hasil manipulasi.

Untuk mengetahui keabsahan surat–surat kendaraan kita bisa menelusurinya, caranya kita bisa mencari tahu melalui data yang ada di kepolisian. Biasanya untuk mobil yang sedang dalam kasus kejahatan datanya akan tampak dikepolisian.

Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu adanya anggapan bahwa mobil bekas dipakai dokter kondisinya akan lebih baik dibandingkan dengan mobil yang dipakai para remaja. Sebenarnya hal tersebut bukan sebagai patokan untuk mengetahui kondisi mobil bekas, belum tentu mobil yang dipakai oleh dokter kondisinya lebih baik bisa saja mobil yang dipakai remaja akan lebih baik.

Karena kondisi mobil bekas ditentukan oleh perilaku berkendara pemilik sebelumnya, jika cara berkendaranya benar maka sudah bisa dipastikan kondisinya akan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *