December 8, 2022

4 Kuliner Bali yang Enak dan Khas

Kuliner Bali telah dipengaruhi oleh masakan Cina, India, dan Timur Tengah dan dicampur dengan resep asli selama ribuan tahun. Bahan dasar kebanyakan masakan Bali adalah cabai, bawang putih, bawang merah, dan minyak kelapa. Tergantung pada hidangannya, berbagai rempah-rempah dan bahan-bahan segar akan ditambahkan untuk menciptakan masakan yang luar biasa.

Hidangan paling populer di Bali sendiri adalah sate lilit, nasi goreng, hingga nasi harum yang terbuat dari ayam, udang, dan sayuran, di atasnya dengan irisan telur dadar atau telur goreng. Selain itu, ada juga nih makanan khas Bali lainnya yang tidak kalah enak, apa saja ya?

Kuliner Bali yang Enak

1. Sate Lilit

Sate lilit ini adalah makanan klasik di Bali dan dapat ditemukan di banyak restoran fine-dining atau sebagai makanan jalanan di berbagai sudut. Menariknya sate lillit Bali dicampur dengan santan dan menjadi salah satu yang paling enak dan sangat populer.

Terbuat dari daging cincang, ayam, atau ikan, lalu dagingnya direndam dalam santan, kelapa parut, dan bumbu. Kemudian dibungkus di sekitar tusuk sate sebelum dipanggang di atas bara api. Cita rasanya adalah perpaduan manis, pedas, dan gurih, pasti akan membuat Anda ketagihan.

2. Babi Guling

Menu babi guling ini kemungkinan besar adalah hidangan paling ikonik di Bali. Mengingat Bali mayoritas beragama Hindu, tidak mengherankan jika Babi Guling adalah salah satu makanan yang paling banyak dimakan di pulau itu, baik oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Kulitnya dilapisi dengan kunyit dan rempah-rempah lainnya dan dimasak dengan rasa yang renyah. Sementara bumbu halusnya terbuat dari ketumbar, serai, daun jeruk, cabai, dan jahe diisi di dalamnya.

Kemudian perlahan-lahan babi dipanggang dan diolesi, dibolak-balik selama berjam-jam di atas sabut kelapa yang terbakar sampai super empuk. Di restoran atau warung, babi guling disajikan dengan nasi pulen, sayuran rebus, dan beberapa potong kulit renyah.

3. Nasi Campur

Dalam bahasa Bali, nasi campur pada dasarnya berarti campuran makanan dengan nasi yang berisi berbagai  ayam panggang, rendang daging sapi, tahu atau tempe bakar, dan campuran hidangan sayuran yang semuanya ditempatkan di atas nasi kuning atau putih.

Di beberapa warung,  pemilik akan menyajikan hidangan ini dengan gaya prasmanan, Anda dapat menunjuk dan memilih apa yang ingin Anda coba. Tidak ada aturan untuk hidangan ini, jadi dijamin Anda tidak akan pernah mencicipi makanan yang sama dua kali karena nasi campur adalah favorit Bali.

4. Bebek Betutu

Hidangan bebek asap ini adalah salah satu makanan paling unik di Bali. Dagingnya digosok dan diisi dengan campuran bumbu Betutu yang ditumis dengan minyak kelapa untuk menghilangkan rasa amis. Daging tersebut kemudian dibungkus dengan daun lontar atau kulit buah pinang, dan diasapi dengan bara api sekam padi.

Di beberapa restoran Anda akan diminta untuk reservasi sebab durasi memasaknya bisa memakan waktu hingga 12 jam. Menu bebek betuju akan meleleh di mulut Anda dan enak disajikan dengan nasi dan tumis kangkung.

Setelah menikmati kuliner Bali, liburan akan lebih mengasyikkan jika Anda pergi Labuan Bajo. Banyak sekali transportasi dari Bali ke Labuan Bajo yang bisa dicoba. Lengkapi wisata Anda dengan menjelajahi Bali dan Flores!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *