October 26, 2021

3 Tips Memilih Velg Bekas Berkualitas

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih velg bekas :

1. Bibir Pelek

Pastikan kondisi bibir pelek bebas dari pecah ataupun benjol. Yang perlu ketahui adalah bahwa pelek dengan ukuran lebih besar rawan pecah. Jika susah melihatnya secara sekilas, maka anda perlu menggunakan mesin balancing. Dan untuk mempermudah pengecekan, sebaiknya ban tersebut dilepaskan. Penggunaan pelek yang tidak bulat, pastinya akan mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara.

2. Bekas Bubutan

Masih sekitaran bibir pelek, periksa juga apakah ada bekas bubutan. Kondisi tersebut bisa dilihat berupa garis-garis pada bibir pelek. Jika Anda melihat bekas tersebut, berarti pelek pernah bengkok atau peyang. Selain di-press, cara lain untuk memperbaiki pelek yang bengkok atau benjol juga bisa dibubut. Jadi, bekas bubutan itu pasti terlihat. Selain itu, perhatikan juga offset-nya. Jangan sampai juga ada bekas garis-garis bubutan. Sebab jika sudah dibubut, berarti offset velg tersebut sudah berubah dari kondisi aslinya.

3. Cat Ulang

Perhatikan cat atau lapisan luar pelek. Jika dilapis krom, maka warna krom yang asli akan lebih mengkilap dibandingkan dengan krom polesan. Jika pelek dicat, maka warna pelek juga harus merata pada keseluruhan pelek. Untuk mengetahui apakah pelek tersebut pernah dicat ulang, bisa dilihat dari emblem atau cetakan merek pada velg tersebut. Jika sudut cetakan terlihat tajam, maka kemungkinan besar cat pelek tersebut masih asli.Perlunya kita mencermati hal ini adalah untuk menghindari overspet yang bertujuan untuk menyembunyikan cacat yang dimiliki oleh pelek.

itulah tips singkat tentang memlih velg bekas, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *